SILABUS
Matematika VIII-2 Kurikulum 2013
Bab 1 Lingkaran
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Siswa mampu: 3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya; 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya. | Lingkaran, meliputi: 1. Lingkaran; 2. Unsur-unsur lingkaran; 3. Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling; 4. Panjang busur; 5. Luas juring; 6. Luas tembereng. | 1. Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan dengan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran; 2. Mencermati masalah atau bentuk benda- benda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran; 3. Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, dan luas juring lingkaran; 4. Mencermati cara melukis sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran menggunakan jangka dan penggaris; 5. Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran; 6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar