RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RRP)
Satuan
Pemdidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : XI
Sub
Materi Pokok : Fungsi
Aljabar
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengelolah, dan mengaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Inidkator Pencapaian
Indikator
Pencapaian |
|
3.8 Menjelaskan
sifa-sifat turunan fungsi aljabar dan menemukan turunan fungsi aljabar
mengunakan defenisi atau sifat-sifat turunan fungsi 4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar |
3.8.1
Peserta didik dapat
menjelsakan defenisi dan sifat-sifat turunan fungsi 4.8.2
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah sehari-hari dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar |
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Menjelaskan
pengertian turunan.
2. Mengidentifikasi
fakta pada sifat-sifat turunan fungsi aljabar.
3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar.
Materi
Pembelajaran
Fungsi
Aljabar
·
Defenisi turunan fungsi
aljabar
·
Sifat-sifat turunan
fungsi aljabar
D. Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Problem Based Learning
3. Metode : Tanya jawab, dan penugasan
E. Media,
Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media : LCD Projector
2. Alat : Spidol, Papan Tulis,
3. Bahan : Bahan ajar turunan fungsi
aljabar
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran |
Deskrisi Pembelajaran |
Langkah-langkah Model Problem Based Learning |
Alokasi Waktu |
|
Guru |
Siswa |
|||
Pendahuluan |
Orientasi Guru Membuka Pelajaran dengan 1. Memberi
Salam 2. Meminta
salah satu siswa memimpin doa didepan kelas. 3. Mengecek
kehadiran siswa Apersepsi 4. Memulai
pembelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang turunan fungsi aljabar Motifasi 5. Memberi
Apresiasi kepada yang telah menjawab pertanyaan dengan benar Pemberi
Acuan 7. Memberitahukan
materi pembelajaran yang akan dibahas hari ini 8. Menyampaikan
Indikator serta Tujuan Pembelajaran hari ini |
Orientasi 1. Menjawab
salam dari guru 2. Maju
memimpin doa didepan kelas 3. Memberi
keterangan sesuai yang diminta guru Apersepsi Memikirkan
dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru Motifasi Menyimak
apa yang disampaikan guru Pemberi
Acuan Siswa
menyimak apa yang disampaikan guru |
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai |
2 menit 2 menit 2 menit 2 menit |
Total |
8 menit |
Langkah Pembelajaran |
Deskrisi Pembelajaran |
Langkah-langkah Model Problem Based Learning |
Alokasi Waktu |
|
Guru |
Siswa |
|||
Kegiatan Inti |
Mengamati 1. Siswa diminta
untuk mengamati soal yang ada di Papan tulis Menanya Jika
siswa belum dapat menjawab ditopang dengan pertanyaan: 2. Setelah membaca dan
mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian? 3. Coba buatlah
pertanyaan yang berhubungan dengan permasalahan yang telah
kalian baca dan cermati tersebut! Mengumpulkan
Data 4. Siswa
diminta untuk bekerja sama didalam kolompok untuk mencermati pola-pola yang
ada pada LKS. 5. Guru
berkeliling untuk memastikan bahwa semua siswa memahami maksud soal Mengasosiasi
/ Menganalisa Data 6. Guru
mengecek apakah setiap kelompok telah selesai mengerjakan soal. Jika belum,
guru memberikan waktu tambahan secukupnya Mengomunikasi 7. Guru
mengarahkan siswa
dapat mempresentasikan hasil kerjanya dan dikerjakan dipapan |
1. Siswa
mengamati soal yang terdapat pada papan tulis 2.
Siswa diberikan soal dan
dapat bertanya jika ada kesulitan. 3. Siswa
bergabung dengan kelompok masing-masing. 4. Siswa
mengerjakan setiap soal bersamaan dengan teman kelompoknya 5. Siswa berdiskusi
mengumpulkan informasi tentang turunan fungsi aljabar 6. Siswa
menyampaikan hasil diskusi kelompok mereka |
Kelompok dibentuk dengan beranggotakan 2-3 orang Mencatat jawaban dalam kelompok masing-masing Setiap kelompok mengerjakan hasil diskusinya di
papan tulis sebagai bahan bandingan dengan kelompok lain |
19 menit |
Total |
19 menit |
|||
Langkah
Pembelajaran |
Deskrisi
Pembelajaran |
Langkah-langkah
Model Problem Based Learning |
Alokasi
Waktu |
|
Guru |
Siswa |
|||
Penutup |
Guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai apa yang telah dipelajari
hari ini, dengan : 1.
Meminta
salah satu siswa untuk menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran hari ini. 2.
Guru
mengapresiasi apa yang disampaikan oleh siswa 3.
Memberikan
tugas sebagai bahan pembelajaran siswa di rumah sekaligus untuk meningkatkan
pemahaman dan ketrampilan siswa. 4.
Menginformasikan
materi yang akan dibahas minggu depan. 5.
Guru
menutup pelajaran dengan memberikan salam |
1.
Salah
satu siswa menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini 2.
Mencatat
tugas yang diberikan guru 3.
Memberi
salam penutup kepaada guru |
Dari
data-data hasil pekerjaan di papan, siswa diminta untuk membuat kesimpulan. |
3
menit |
Total |
3
Menit |
G. Sumber
1.
Youtobe materi turunn
fungsi aljabar kelas 11
H. Penilaian
1. Penilaian
Ketrampilan
a.
Teknik penilaian : Observasi atau Pengamatan
b. Bentuk
Instrument : Lembar Pengamatan
Sikap
c. Pedoman
Penskoran :
1) Indikator
penilaian sikap Kerjasama kelompok
No |
Indikator Penilaian Sikap |
1. |
Terlibat aktif dalam
bekerja kelompok |
2. |
Kesediaan melakukan
tugas kelompok sesuai kesepakatan |
3. |
Bersedia membantu
teman dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan |
4. |
Menghargai hasil
kerja anggota kelompok lain |
2) Indikator
penilaian sikap teliti
No |
Indikator Penilaian Sikap |
1. |
Mengerjakan tugas
dengan teliti |
2. |
Berhati-hati dalam
menyelesaikan tugas dan menggunakan media |
3. |
Mampu menyelesaikan
pekerjaan sesuai dengan standar mutu |
4. |
Mampu menyelesaikan
pekerjaan sesuai dengan standar waktu |
Petunjuk
pengisian Lembar Pengamatan Sikap
Skor
4 : Apabila peserta didik selalu
melakukan semua butir pengamatan.
Skor
3 : Apabila peserta didik melakukan
tiga butir pengamatan.
Skor
2 : Apabila peserta didik melakukan dua
butir pengamatan.
Skor
1 : Apabila peserta didik melakukan
satu atau tidak ada butir pengamatan
Nilai
=Skor
PerolehanSkor Maksimal×4
Instrumen : lihat Lampiran
1
2. Penilaian
Ketrampilan
a. Teknik
penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrument : Lembar Penilaian
Pengetahuan
c. Pedoman
Penskoran :
KRITERIA |
SKOR |
ASPEK YANG DINILAI |
Melaksanakan
kegiatan kelompok dan menyelesaikan tugas individu dengan baik dan benar. (A) |
2 |
Melaksanakan tugas kelompok dan
individu dengan baik dan benar. |
1 |
Melaksanakan tugas kelompok dan
individu walaupun masih ada penyelesaian yang kurang tepat. |
|
0 |
Tidak aktif dalam tugas
kelompok dan tidak mengerjakan tugas individu. |
|
Mengerjakan
LKPD yang disedikaan sesuai dengan Langkah-langkah penggunaan LKPD (B) |
2 |
Mengerjakan LKPD yang
disediakan sesuai dengan Langkah-langkah penggunaan LKPD. |
1 |
Mengerjakan LKPD yang
disediakan tetapi penggunaannya kurang sesuai dengan langkah-langkah
penggunaan LKPD. |
|
0 |
Tidak mengerjakan LKPD yang
disediakan. |
|
Menyajikan
hasil kerja kelompok di depan kelas (C) |
2 |
Menyajikan hasil kerja dengan
runtut dan menarik. |
1 |
Menyajikan hasil kerja tetapi
belum runtut dan menarik. |
|
0 |
Tidak mampu menyajikan hasil
kerja didepan kelas |
|
Menyelesaikan
masalah yang diberikan (D) |
2 |
Menentukan penyelesdaian dengan
langkah dan hasil benar. |
1 |
Menentukan penyelesaian dengan
langkah benar dan hasil belum benar. |
|
0 |
Tidak dapat menentukan
penyelesaian masalah yang diberikan. |
Instrumen : lihat Lampiran
2
Mengetahui
,
Ambon, 5 Desember 2023
Dosen pembimbing
Guru Mata Pembelajaran
W. P. Ramadhani, S. Pd., M. Pd Lenora Marlen
Tanmelay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar